Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and @kurniasepta Distributed by Belajar Ngeblog di Blog
Aceh Public :

?
ShoutMix chat widget
Sebesar apapun bantuan anda akan sangat berharga bagi kami... klik donate untuk akun paypal..
Terimaksih atas partisipasi anda..
aceh public Facebook  Achilles Radial Twitter  Achilles Radial RSS Feed Achilles Radial RSS Feed
all artikel availabe here 

IM2 Buka Peluang Bisnis Aplikasi Android


Kompetisi IM2 Android Application Contest ini mengambil tema 'IM2 Mengajak Berbisnis di Internet'.

"Melalui IM2 Android Application Contest ini kami berusaha menjaring potensi dari berbagai pelaku di Indonesia dengan mengundang mereka mengembangkan aplikasi berbasis Android," kata Mohammad Amin, direktur Planning & Development IM2 di Fx Plaza, Jakarta, Rabu (15/12/2010).

Aplikasi yang dikembangkan kemudian dipromosikan melalui i-Store. Dengan demikian i-Store sebagai toko virtual akan memiliki variasi aplikasi dan game berbasis Android yang lebih banyak.

i-Store adalah layanan penyedia aplikasi dan game untuk android dari IM2, baik untuk yang berbayar maupun yang gratis. Layanan yang mirip dengan Android Market ini dapat dipergunakan secara gratis.

Dengan adanya i-Store sebagai tempat menjual aplikasi, founder id-Android Agus Hamonongan optimistis, ke depannya aplikasi Android hasil karya lokal dapat dijual, tidak melulu gratis.

"Berarti menjadi pemasukan untuk para pengembang aplikasi yang pada akhirnya akan memberikan semangat untuk lebih berkarya," kata dia.

Agus menilai, i-Store satu-satunya payment gateway di Indonesia yang menawarkan sistem sharing yang lebih berpihak pada pengembang aplikasi, yaitu 60:40."Saat ini 60 persen untuk merchant. Namun nantinya akan menjadi 70 persen," begitu katanya.

Selain mewadahi kreativitas pembuat software lokal, IM2 Android Application Contest juga menawarkan keuntungan finansial kepada para pengembang software.

Pendapatan bagi pengembang bersumber dari transaksi pembelian dan pendapatan iklan yang terjadi di i-Store. Dengan demikian diharapkan industri kreatif software dalam negeri semakin berkembang dan bergairah.

"Para peminat kompetisi dapat mendaftarkan diri secara online melalui i-store.indosatm2.com," kata Hermanudin, GM Business Development IM2.

Setelah terdaftar, peserta diminta untuk meng-upload aplikasi yang ingin dilombakan. Pendaftaran dan pengiriman aplikasi dibuka selama tiga bulan yaitu sejak 15 Desember 2010 hingga 1 April 2011.

Kompetisi ini terbuka untuk siswa SMA, perguruan tinggi, dan kalangan umum. Dari aplikasi yang terdaftar secara online, juri-juri yang terdiri dari manajemen IM2, Google Admob (unit bisnis Google Inc. yang menyediakan layanan mobile advertising), dan IMO (pengembang handset lokal) akan melakukan seleksi awal secara online.

Di babak penyisihan ini, juri akan memilih finalis per kategori yaitu kategori Aplikasi dan kategori Game. Di babak selanjutnya, juri akan bertemu untuk merundingkan pemenang dari finalis-finalis yang terpilih.

Aplikasi yang diikutsertakan ke dalam kompetisi akan ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yaitu originalitas yang merupakan syarat mutlak. Kemudian penilaian juga dilihat dari kreativitas, keunikan, kemudahan, dan kriteria hiburannya. ( rou / rns )