Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and @kurniasepta Distributed by Belajar Ngeblog di Blog
Aceh Public :

?
ShoutMix chat widget
Sebesar apapun bantuan anda akan sangat berharga bagi kami... klik donate untuk akun paypal..
Terimaksih atas partisipasi anda..
aceh public Facebook  Achilles Radial Twitter  Achilles Radial RSS Feed Achilles Radial RSS Feed
all artikel availabe here 

Oracle Caplok 70 Perusahaan TI Dalam 5 Tahun



Menurut Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia, konsolidasi di industri TI akan semakin gencar pada 2011 mendatang. Beberapa di antaranya bahkan disebut-sebut sudah menghitung kemungkinan untuk melakukan penyatuan atau akuisisi.

Banyak alasan yang melatarbelakangi rencana konsolidasi ini. Namun, kata Adi, yang paling menjadi pertimbangan adalah adanya niat untuk tumbuh secara organik dan substansial.

"Industri TI sudah seperti ini, dan konsolidasi tak bisa dihindari," tukasnya, dalam diskusi bertajuk IT Industry Outlook 2011 di Miko Coffee, Jakarta, Rabu (15/12/2010).

Pionir Akuisisi

Pemerhati Bisnis dan TI, Goenawan Loekito menambahkan, langkah akuisisi dinilai sangat berperan dalam rangka melengkapi diversifikasi produk yang ditawarkan sebuah perusahaan TI.

Strategi ini pula yang sudah dijalankan oleh salah satu raksasa TI dunia, Oracle. "Dalam lima tahun belakangan, sudah ada sekitar 70 perusahaan yang diakuisisi Oracle," tukas pria yang juga menjabat sebagai Direktur Marketing Oracle Indonesia ini, di tempat yang sama.Tak pelak, dengan banyaknya jumlah perusahaan yang dicaplok tersebut, Oracle dikatakan Goenawan ingin menjadi nomor satu di berbagai lini bisnis TI."Kini produk kami sudah ada di berbagai lini, dan langkah akuisisi ini pun belum akan berhenti," lanjutnya.Meski menganut sistem 'banyak mencaplok', namun bukan berarti perusahaan yang diakuisisi Oracle merupakan perusahaan yang pesakitan."Justru jangan yang lagi pesakitan, tapi yang number one di bidangnya. Jadi kita langsung leading di segmen itu," pungkas Goenawan. 
Dari sekian banyak perusahaan yang dicaplok Oracle, yang paling menarik perhatian adalah diakuisisinya Sun Microsystem pada 2009 lalu."Jadi bisa dibilang, kami pionirnya akuisisi di industri TI. Tapi setelah diakuisi perusahaan tersebut bukan kita matikan, tapi malah kita jahit dengan produk kita yang sudah ada ," ia menandaskan.